Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Closing Sebuah Tulisan

Ini banyak saya temui dari setiap tulisan, Baik yang ada di dunia nyata ataupun dunia maya. Untuk pemberian judul, sudah hebat. Batang tubuh tulisan lumayan menggemaskan, Namun sayang, mereka sering mengabaikan penutup Atau klimaks dari sebuah kerangka tulisan. Dan hal ini, selalu luput dari kepedulian seorang penulis.

Itulah sebabnya banyak tulisan dengan konten yang bergizi di awal, Pada akhir tulisan kesanya menjadi terasa hambar. Ibaratnya saat kita berada di batang tubuh nafsu membaca sedang naik, Di akhiri dengan ending gagal orgasme.. Kesal bukan..?
Haha..

Ibaratnya salesmen, penutup itu adalah uang. Closing itu sangat menentukan, bakalan rugi atau untung. Lantas bagaimana cara menutup tulisan agar mencapai klimaks yang Happy Ending.? Nanti coba lihat bagaimana cara saya menutup tulisan ini.

Intinya penutup sebuah kerangka tulisan itu sama dengan afirmasi, atau penekananan. Yang ingin anda tekankan pada pembaca apa. Yang ingin anda pesankan pada pembaca apa. Tidak selalu harus, penutup itu berupa kesimpulan dari kerangka tulisan. Kadang bisa juga berupa jargon atau kalimat seru. Atau hanya dengan sebuah yel dan istilah. Namun efek psikologisnya, mampu menguatkan apa yang sudah dipahami pembaca Apalagi sampai bisa menampar kesadaran pembaca, Hingga mereka terkesima dalam waktu yang cukup lama.

Di situlah sebenarnya letak kekuatan pada tulisan anda.
Bagaimana, sudah mengerti..?

Post a Comment for "Cara Membuat Closing Sebuah Tulisan"